Jumat, 17 Februari 2012

Penutup

Dari apa yang telah diuraikan di atas, jelaslah bahwa metodologi pemikiran Asy’ari mengambil posisi antara ekstrim rasionalis yang menggunakan metapor dan golongan ekstrim tekstualis yang literlijk. Adalah sebuah metodologi yang dianggap mampu menjamin orisinilitas aqidah Islam
dalammenghadapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan penemuan teknologi baru. Dengan kata lain, para penganut aliran teologi ini mampu mengikuti dan mentolerir segala perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat modern. Untuk itu, sinyalemen Sayyed Amer Ali yang mengatakan: “Kemerosotan bangsa-bangsa Islam sekarang ini, salah satu sebabnya karena formalisme al-Asy’ari,”82 adalah sinyalemen yang perlu dipertimbangan keabsahannya, kalau tidak ditolak sama sekali.



Catatan Kaki
1.     Lihat: Al-Lalaka’i, Syarh Ushul I’tiqad Ahlissunnah, vol. I (Riyadh: Thayibah), hal. 72.
2.     Ibid hal. 60-61.
3.     Ibid hal 64.
4.     Lihat: Ibnu Jarir alThabary, Tahdzibul Atsar, (Makkah: Al-Shafa, th. 1402 H.), vol. II, hal. 182.
5.     Abu Ubaid Al-Qasim bin Salam, al-Imam, (Dimsyaq: Al-Ummah), hal. 53.
6.     Al-Imam Ahmad bin Hambal, Al-Sunnah dalam kitab (bab): Ar-Ra’d ‘ala al-Jahamiah, Kairo: Isa al-Halaby), hal. 33-34.
7.     Prof Musthafa al-Syuk’ah, Islam Bila Madzahib, (Kairo: Musthafa al-Halaby), hal. 496
8.     Keterangan selengkapnya, lihat: Ahmad Amin, Dhuhrul Islam, (Kairo: Dar al-Kitab al-’Araby), vol. IV, hal. 96.
9.     Ibnu Mandzur, Lisan al-’Arab, (Beirut: Dar Shadir) vol. XIII, hal. 225.
10.  Hadits riwayat Muslim, Kitab az-Zakah, No. hadits 1017.
11.  Seperti kontemplasinya di gua Hira dan beberapa riwayat hidup beliau sebelum kenabian yang menjadi pendorong utama dalam mengikuti napak tilas perjuangan beliau.
12.  Muhammad Jamaluddin al-Qasimy, Qawaid at-Tahdits, Ed. Muhammad Bahjah al-Baithar, (Kairo: Dar al-Kutub al- ’Arabiah, tth.), hal. 64.
13.  Abu Zaho, Al-Hadits wal-Muhadditsun, (Kairo: Dar al-Kutub al-’Araby, th. 1404 H.), hal.47.
14.  Qasim al-Qunamy, Anis al-Fuqaha, Ed. Dr. Ahmad bin Abdul Raziq Al-Kabisy, (Jeddah: Dar al-Wafa, cet. I, th. 1406 H.), hal. 106.
15.  Dr. Musthafa as-Siba’i, As-Sunnah Wamakanatuha fi al-Tasyri’ al-Islamy, Al-Maktabah al-Islamy, cet. II, th. 1396, hal. 47.
16.  HR al-Turmudzy, Kitab al-’Ilm, No. hadits: 2676.
17.  Dalam salah satu hadits Nabi berbunyi: “’alaikum bi sawâdi al a’zhâm”, HR. Ibnu Majah dan Ahmad. Ibnul Atsir menjelaskan “as sawâdu al azhâm” sebagai kelompok mayoritas ummat yang sepakat mentaati pemimpin dan menempuh jalan yang benar. Lihat: An-Nihayah fi Gharib al-hadits wal-Atsar, Ed. Thahir al-Zawi, Kairo: Dar ihya al-Kutub al-’Arabiyyah, cet. I, th. 1963, vol. VI, hal. 419.
18.  Ibnul Muthahhar, Minhaj al-Karamah, dalam kitab “Minhaj al-Sunnah”, vol. I, Pen. al-Madani, hal. 95.
19.  Lihat: Ibnu Taimiah, Minhaj al-Sunnah, vol. III, Ed. M. Rasyad Salim, hal. 444-484.
20.  Lihat: Al-Mustadrak, vol. II, hal. 343.
21.  Lihat: Dhai’f al-Jami’ al-Shaghir, vol. V, hal. 137.
22.  Keterangan selengkapnya lihat: Al-Fatawa, vol. IV, hal. 137.
23.  Masalah ini juga dibahas oleh Ibnul Murtadha dalam bukunya: Al-Munyah wal-’Amal, Beirut: Dar Shadir, t. th., hal. 2-3.
24.  Dr. M. Bakraym, Washatiyyah as-Sunnah, Riyadh: Dar al-Rayah, cet. I, th. 1994, hal. 53.
25.  Abdul Qahir bin Thahir al-Baghdadi, Al-Farq Baina al-Firaq, Kairo: Dar al-Turats, hal. 337-342.
26.  Al-Imam Abu Bakar bin al-’Arabi al-Maliki, Al-’Awashim min al-Qawashim, Kairo: Maktabah al-Sunnah, hal. 199.
27.  Ibnu Taimiah, Minhaj al-Sunnah, Beirut: Dar al-Kutub al-’Imiyyah, vol. I, hal. 204.
28.  Dr. Ahmad Mahmud Shubhi, Fi Ilmil Kalam, vol. II, Iskandariyah: Muassasasah al-Tsaqafah al-Jami’iyyah, 1992, hal. 32.
29.  Prof. Dr. Mustafa Abdul Raziq, Tamhid li Tarikh al-Falsafah al-Islamiyyah, Kairo:Lajnah at-Ta’lif, hal. 295.
30.  Lihat: Fi al-Falsafah al-Islamiyyah: Manhaj watathbiquhu, vol. II, hal. 47, 115, cet. Dar al-Ma’arif, Mesir th. 1978.
31.  Lihat: Nasy’ah, vol. I , hal. 441.
32.  Tabyin Kadzib al-Muftara fima Nusiba ila al-Imam Abil Hasan al-Asy’ari, hal. 57, 147, cet. Dar al-Kutub al-’Arabi, Lebanon, th. 1399 H.
33.  Lihat: Thabaqat al-Syafi’iyyah, Al-Subki, vol. II, hal. 145-146.
34.  Lihat: Tamhid li Tarikh al-Falsafah al-Islamiyyah, hal. 289, cet. III, th. 1386 Hijriyyah.
35.  Nasy’atul Asya’irah wa Tathawwuruha, Dr. Jalal Musa, hal. 173, cet. Dar Al-Kitab al-Lubnani, cet. I, th. 1395 H.
36.  Abu Hasan al-Asy’ari, Guraba, hal. 60-61.
37.  Fi al-Falsafah al-Islamiyyah, Manhaj watathbiquhu, vol. II, hal. 113-114.
38.  Al-Mutakallimun wa ar-Ra’du ‘alaihim, Aqidah al-Asya’irah, Dr. Ahmad Jily, vol. I, hal. 5.
39.  Nasy’at al-Asy’ari wa Tathawwuruhu, Dr. Jalal Musa, hal. 186.
40.  Al-Asy’ari, Dr. Hammudah Gurabah, hal. 67.
41.  Al-Mutakallimun wa ar-Ra’du ‘alaihim, Aqidah al-Asya’irah, Dr. Ahmad Jily, vol. I, hal. 6.
42.  Ibid.
43.  Lihat: Abu al-Hasan al-Asy’ari, Dr. Hammudah Gurabah, hal. 61.
44.  Lihat: Tabyin Kadzib al-Muftara, Ibnu Asakir, hal. 50-51, Ed. Ahmad Hijazi al-Saqa.
45.  Ibid. hal. 50.
46.  Anggapan ini juga diyakini seperti Dr. Hammudah Gurabah dalam karyanya tentang Asy’ari juga Richard McCarcy dalam bukunya: The Theology of Al-Ash’ary. Lihat: Al-Mutakallimun wa ar-Ra’du ‘alaihim, hal. 21 dan setelahnya.
47.  Untuk mendapatkan informasi lanjut lihat: Tabyin Kadzib al-Muftara, Ibnu Asakir, Ed. Dr. Ahmad Hijazi al-Saqa, hal. 51-52. Dan bandingkan dengan: Madzahib al-Islamiyyin, Abdul Rahman Badawi, vol. I, hal. 494.
48.  Madzahib Islamiyyin, vol. I, hal. 493-497.
49.  Ibid.
50.  Abu al-Hasan al-Asy’ari, Dr. Hammudah Gurabah, hal. 65-66. Dan Thabaqat as-Syafi’iyyah, Al-Subki, vol. II, hal. 345- 246.
51.  Ibid, 66-67.
52.  Thabaqat as-Syafi’iyyah, Al-Subki, (cet. Kairo), vol. II, hal 250-251. Bandingkan dengan: Al-Milal wa an-Nihal, As- Syahrastany, vol. I, hal. 36.
53.  Ibid, hal 241, dan Wafayat al-A’yan, vol. III, hal 398, Kairo: th. 1948 M.
54.  Lihat: Abu al-Hasan al-Asy’ari, hal. 64-65.
55.  Lihat: Fi al-Falsafah al-islamiyyah, vol. II, hal. 46-47.
56.  Lihat: Hammudah Gurabah, Abu al-Hasan al-Asy’ari, Kairo: Mathba’ah ar-Risalah, 1954, hal. 67.
57.  Dr. Nurcholis Madjid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Paramadina, cet. I th. 1992, hal. 273.
58.  Abu al-Hasan al-Asy’ari, Risalah fi Istihsan al-Haudh fi al-Kalam, Haidar Abad, Majlis Dairat al-Ma’rifah, th. 1323 H.
59.  Al-Luma’ fi ar-Ra’d ‘ala ahl az-Zaig wa al-Bida’, Ed. Dr. Hammudah Gurabah, Kairo: Maktabah al-Azhariyyah, t. th.
60.  Ushul ahl as-Sunnah wa al-Jama’ah (Risalah ahl as-Tsugar), Ed. Muhammad Sayyid al-Julaind, Kairo: At-Taqaddum, t. th.
61.  Maqalat al-Islamiyyin wa Ikhtilaf al-Mushallin, Ed. Muhammad Muhyiddin Abdul hamid, Beirut: Maktabah al-Ashriyyah, th. 1990.
62.  Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah, Ed. Muhibbuddin al-Khatib, Kairo: Al-Maktabah as-Salafiyyah, tanpa th.
63.  Dalam kaitan ini, penulis mendukung makalah saudara Abdul Rauf Amin, Konsep Ushul al-Khamsah Mu’tazilah Dalam Pandangan Asy’ari, yang telah diangkat dalam Forum Diskusi Inisisatif (FDI). Kairo: 12 Agustus 1994.
64.  Lihat Abu al-Hasan al-Asy’ari, Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Dinayanah, op. cit., hal. 69.
65.  Ibid.
66.  Ibid, hal. 166.
67.  Keterangan lebih lengkap lihat: Dr. Ahmad Mahmud Shubhi, Fi Ilmil Kalam (Al-Mu’tazilah), vol. I, Iskandariyah: Muassasah al-Tsaqafah al-Jami’iyyah, th. 1992, hal. 130 dst.
68.  Keterangan selengkapnya lihat: Al-Ibanah, op. cit. hal. 36-46, Dr. Ahmad Mahmud Shubhi, Fi Ilmil Kalam (Al-Asya’irah), Iskandariyah: Muassasah al-Tsaqafah al-Jami’iyyah, hal. 69 dst.
69.  Dikutip dari Dr. Muhammad Imarah, Tayyarat al-Fikri al-Islamy, Kairo: Dar al-Syuruq, th. 1991, hal. 165.
70.  Lihat: ibid, hal. 183.
71.  Lihat: Al-Syahrastany, Al-Milal wa an-Nihal, vol. I, Beirut: Dar al-Shab, hal. 45.
72.  Al-Qadhi Abdul Jabbar, Ushul al-Khamsah, hal. 415 dst. lihat juga: Dr. Abdul Fattah al-Maghrabi, Al-Firaq al-Kalamiyyah al-Islamiyyah, Kairo: Maktabah Wahbah, 1986 M., hal. 338.
73.  Keterangan selengkapnya lihat: Abul Hasan al-Asy’ari, Al-Luma’, op. cit. hal. 98 dst.
74.  Selengkapnya pembahasan ini lihat: Fi Ilmil Kalam, vol. II, op. cit. hal. 79.
75.  Lihat: ibid hal. 82.
76.  Q.S. As-Shaffat: 96.
77.  Mahmud Shubhi, Fi Ilmil Kalam, op. cit hal. 81.
78.  Diantaranya adalah: Q.S. Al-Baqarah: 81, 141, 202, 286. Begitu juga Q.S. An-Nisa: 111, Q.S. Al-An’am: 120, Q.S. Al-A’raf: 39, 96, Q.S. Ibrahim: 51, Q.S. Ar-Rum: 41, Q.S. As-Syura: 30, Q.S. Az-Zumar: 51, Q.S. At-Thur: 21 dan Q.S. Al-Masad: 2.
79.  Al-Imam Abu Zahrah, Tarikh al-Madzahib al-Islamiyyah, Kairo: Dar al-Fikr al-’Araby, 1996, hal. 201.
80.  Lihat: Dr. Nurcholis Majid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 1992, hal. 272-273.
81.  Sayyed Amer Ali, The Spirit of Islam, Delhi, t. th. hal. 472-473.th. 1990.
*)Drs.Hamzah Harun al-Rasyid adalah mahasiswa program S2 Pascasarjana Fakultas Ushuluddin jurusan Aqidah filsafat, Univ.Islam Omdorman, Khourtoum Sudan Ia sekarang menjabat Koord. ICMI Orsat Khourtoum, Sudan. 



Bagi teman-taman yang ingin membaca jurnal ini secara lengkap silahkan klik ling yang ada dibawah ini.....
  JURNAL KAJIAN KEISLAMAN NUANSA
Diterbitkan oleh:
Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama, Kairo - Mesir
Web: http://www.muslims.net/KMNU, Email: kmnu@muslims.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENULIS BUKU KEKERASAN ATAS NAMA AGAMA

H. HAMZAH HARUN AL-RASYID. Lahir 30 juli 1962. Alumni Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) ini memperoleh gelar: • Sarjana Muda (BA) 1987,...