Senin, 15 Januari 2018

PENULIS BUKU KEKERASAN ATAS NAMA AGAMA

H. HAMZAH HARUN AL-RASYID. Lahir 30 juli 1962. Alumni Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) ini memperoleh gelar: • Sarjana Muda (BA) 1987, dan • Sarjana Lengkap (Drs) Aqidah-Filsafat 1989 dari Perguruan Tinggi Islam As’adiyyah Pusat Sengkang.
• Pendidikan Kader Ulama (PKU) 1988. Dari Persatuan 4 Pondok Pesantren Besar Sulawesi Selatan (Hai’at al-Takaful). • Sarjana (Lc) Aqidah-Filsafat (1992) dari Univ. Al-Azhar Kairo Mesir. • Program Magister Bid. Hukum Islam di Institut Study Islam Zamalik Kairo, 1992-1995. • Magister (MA) Aqidah-filsafat dari UI Um Durman Sudan 1998, • Program Doktor Filsafat di Univ. Nilain Khartoum 1999-2004. • Doctor of The Malaysia State University(UKM), 2009. • Suami Dra. Hj. A. Besse Masdianah Tenri Tappu ini selain aktif sebagai Dosen tetap Fak.Tarbiyyah, Pasca Sarjana, juga aktif sebagai Presiden Komisaris PT. Diana Valas Indo Sejahtera, Dir. Utama PT. Al-Salam Anugerah Wisata. Divisi Hubungan luar negeri Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sul-Sel, Mustasyar NU Kota Makassar dll. Ayah dari enam anak ini pernah menjabat sebagai Ketua Umum KKS Kairo, Ketua Umum ICMI Khartoum, Sudan, Penasehat KKSS Malaysia, Dosen Tamu pada Univerciti Kebangsaan Malaysia, Professor Pelawat (Visiting Professor) pada Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan Negara Brunei Darussalam. Kini, beliau menjabat sebagai Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Agama (Balitbang Agama) Makassar untuk wilayah kerja Kawasan Timur Indonesia.
SAPRILLAH. Lahir di dusun kecil bernama Cappasolo, Malangke (Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan), tanggal 10 Pebruari 1977. Ayahnya bernama Syahrir seorang guru agama dan ibunya, Rohana, seorang ibu rumah tangga yang ulet. Memulai jenjang pendidikan di SDN 169 Rampoang (Malangke, Luwu Utara, lalu ke MTsN Palopo, MANPK Ujungpandang, IAIN Alauddin Makassar, dan Universitas Hasanuddin Makassar. Dia pernah menjadi Ketua Cabang PMII Metro Makassar ketika masih kuliah. Pernah pula aktif di LSM LAPAR Makassar dan sejak tahun 2005 sampai sekarang menjadi peneliti sosial keagamaan di Balai Litbang Agama Makassar. Saprillah menikah dengan Ayu Wahyunarsih pada tahun 2005. Dan dikaruniai tiga orang buah hati yang menyenangkan, Chelsea, Viola, dan Milan. Mulai tertarik menulis sejak duduk di bangku MTs. Dia sangat suka menuangkan segala apa yang dirasakannya dalam bentuk tulisan. Baginya, kehidupan adalah sumur inspirasi yang tidak pernah kering. Sesanti Pram

menulis adalah bekerja untuk keabadian adalah penyemangat kala lelah, jenuh, dan kram otak mendatangi. Beberapa karya yang sudah terbit: Biografi Anregurutta Malik, Pengabdian Tanpa Batas (2014), Jejak, Cinta Tidak Pernah Salah Mengenali Tuannya (2015) dan Calabai, Perempuan dalam Tubuh Lelaki (2016). Dua karya terakhir berbentuk novel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENULIS BUKU KEKERASAN ATAS NAMA AGAMA

H. HAMZAH HARUN AL-RASYID. Lahir 30 juli 1962. Alumni Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) ini memperoleh gelar: • Sarjana Muda (BA) 1987,...