Laman

KARYA-KARYA HASAN HANAFI


Karya Hassan Hanafi dapat melahirkan sebuah kesan tentang proses keaktifannya dalam menanggapi perubahan-perubahan serta perkembangan-perkembangan yang terjadi di zamannya yang kemudian dituangkan dalam tulisan orisinilnya sebagai berikut :
1.     Qadhaya Mu’ashirat fi Fikrina al-Mu’ashir, diterbitkan pada tahun 1976. Tulisan ini merupakan akumulasi tulisan Hanafi yang pernah diterbitkan dibeberapa jurnal, khususnya Jurnal Al Katib, Al-Adab, Al-Fikr al-Mu’ashir, dan Mimbar Al-Islam.
2.     Dirasat Islamiyyah, ditulis sejak tahun 1978 dan terbit tahun 1981, memuat deskripsi dan analisis pembaruan terhadap ilmu-ilmu keislaman klasik, seperti ushul fikih, ilmu-ilmu ushuluddin dan filsafat.
3.     Al-Turats wa al-Tajdid, yang terbit pertama kali tahun 1980. Tulisannya ini memuat ini landasan teoritis ide-ide pembaharuan dan langkah-langkahnya.
4.     Al-Yasar al-Islamiyah, yang kemudian dikenal secara populer hingga hari ini dengan istilah Kiri Islam. Sebuah tulisan yang memuat manifesto politik yang berbau ideologis.
5.     Min al-Aqidah ila Al-Tsaurah, (dari Akidah Menuju Revolusi) yang terdiri dari 5 jilid, ditulis selama hampir sepuluh tahun dan baru terbit pada tahun 1988. Buku ini memuat uraian rinci tentang pokok-pokok pembaruan yang ia canangkan, sebagaimana yang termuat dalam karyanya yang terdahulu.
6.     Religion, Ideologi and Development, yang terbit pada tahun 1993. Muatan tulisan ini banyak-banyak dipresentasikan dalam berbagai seminar dibeberapa Negara, seperti Amerika Serikat, Perancis, Belanda, Timor Tengah, Jepang dan termasuk Indonesia.
7.     Islam in the Modern World, terdiri dari dua jilid. Tulisan ini juga merupakan susunan dari beberapa tulisannya yang pernah dimuat dibeberapa artikel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar