Senin, 15 Januari 2018

Peledakan Bom di Makassar

HAMZAH HARUN AL RASYID, M.A & SAPRILLAH
Peledakan bom yang terjadi di Mall Ratu Indah, tepatnya di restoran cepat saja MC Donald tahun 2000 menjadi titik awal munculnya kelompok yang disebut teroris di Makassar. Muchtar Dg Lau dan Agung Hamid disebut sebagai jaringan terorisme di Indonesia yang secara gradual melakukan kegiatan teror di seluruh wilayah di Indonesia.

Peristiwa bom lain terjadi pada tahun 2004 di bukit Sampoddo, Kota Palopo. Sampoddo adalah daerah wisata lokal tempat para pemuda Palopo menghabiskan malam minggu sambil bakar jagung. Pelaku bom Sampoddo pun dianggap sebagai bagian dari gerakan terorisme yang ada kaitannya dengan peristiwa bom MC Donald beberapa tahun sebelumnya.

Kasus bom yang terkait dengan gerakan terorisme di Sulawesi Selatan secara umum tidak pernah lagi terjadi pasca bom Sampoddo. Jaringan teroris di Kota Makassar tampaknya tidak tumbuh lagi setelah Muchtar Dg Lau dan Agung Hamid tertangkap tahun 2001. Meski demikian, perburuan terhadap jaringan teroris di Sulawesi Selatan tetap dilakukan. Penembakan tiga orang terduga teroris yang selama ini bersembunyi di hutan Enrekang di Biringkanayya (tepatnya di rumah sakit Daya) pada awal tahun 2013 menjadi peristiwa terakhir yang berkaitan dengan gerakan terorisme. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENULIS BUKU KEKERASAN ATAS NAMA AGAMA

H. HAMZAH HARUN AL-RASYID. Lahir 30 juli 1962. Alumni Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) ini memperoleh gelar: • Sarjana Muda (BA) 1987,...