Laman

Penutup

Setelah memaparkan potret riil tentang era globalisasi dengan berbagai isu yang melingkupinya dan perlunya umat Islam mendisain metod dan strategi dakwah yang harus menjadi
inspirasi bagi masyarakat yang hidup di era ini. Dan setelah mempertimbangkan karakter masyarakat yang hidup di era globalisasi ini, maka artikel ini dapat menyimpulkan pemaparan-pemaparan tersebut ke dalam point-point penting berikut :
1.      Perubahan zaman dari babak ke babak berikutnya merupakan sebuah keniscayaan. Keniscayaan perubahan zaman turut mempengaruhi keniscayaan perubahan sosial masyarakat menghidupi sebuah zaman. Dalam konteks dakwah Islamiyyah, umat Islam di zaman globalisasi saat ini sudah sangat jauh berbeza dengan zaman awal Islam.
2.      Keberhasilan dakwah Islamiyyah sesungguhnya sangat tergantung atau dipengaruhi oleh kemampuan gerakan dakwah memainkan metod dan strategi dakwah yang sesuai dengan karakter zamannya.
3.      Masyarakat moderen yang sudah terglobalkan memiliki karakter yang sudah sangat jauh berbeza dengan karakter masyarakat yang sederhana yang hidup di zaman awal Islam. Dengan demikian, gerakan dakwah mau atau tidak mau harus mempertimbangkan perbezaaan karakter-karakter yang dimaksud.
4.      Salah satu alasan kenapa Islam dapat dengan mudah diterima oleh komuniti dakwah adalah kerana Islam telah mendeklarasikan dirinya sebagai ajaran yang moderat, sebuah ajaran yang mampu mengakomodir keperluan dan kemaslahatan manusia. Ajaran moderat harus ditumbuh kembangkan di era globalisasi ini oleh gerakan dakwah dengan tiga instrumen utama yakni substansialisasi ajaran, kontekstualisasi ajaran, dan rasionalisasi ajaran. Terapan-terapan konsep ini sangat banyak ditemukan dalam tradisi keilmuan kita, tidak terkecuali dalam tradisi dakwah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar