Laman

AKHLAK ISLAMIAH


Karakteristik Akhlak

Sebelum membahas karakteristik akhlak, sekilas akan dilihat istilah-istilah yang sering digunakan berkaitan dengan kata akhlak. Istilah-istilah yang dimaksud di sisni ialah :
a.  Etika
·       Pengertian etimologi : Etika berasal dari bahasa yunani yaitu “Ethos” yang berarti adat kebiasaan.
·   Pen gertian Terminologi : Etika adalah ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal fikiran. (Dr. Hamzah Ya’qub)
Dari pengertian tersebut di atas, maka dapat digaris bawahi 4 (empat) hal, yaitu:
1.              1.    Sumber Etika adalah “Akal fikiran manusia” atau filsafat.
2.              2.    Sifatnya “Teoritis dan relatif”
3.              3.    Obyek pembahasannya adalah perbuatan-perbuatan manusia saja
4.    Fungsinya untuk menilai atau menentukan apakah perbuatan manusia itu baik atau buruk dengan   tolak ukur dari akal fikiran.

b. Moral
·       Pengertian etimologi : Moral dari bahasa latin yaitu “moresjamak dari kata “mos” yang artinya adat kebiasaan.
·       Pengertian terminology : moral adalah nilai-nilai dasar yang ada dalam masyarakat untuk memilih nilai-nilai hidup (Moral), juga adat istiadat yang menjadi dasar untuk menentukan kebaikan dan keburukan (Ensiklopedi pendidikan)
Dari pengertian tersebut ada 4 (empat) hal yang dapat digaris bawahi :
1.     Sumber moral adalah “norma-norma yang tumbuh dan berlaku dimasyarakat”.
2.     Sifatnya “praktis”
3.     Obyek pembahasannya adalah tingkah laku manusia.
4.     Fungsinya untuk menentukan perbuatan yang dilakukan masyarakat apakah baik atau buruk dengan tolak ukur kebiasaan masyarakat.

c. Karakeristik Akhlak
            Akhlak memiliki sifat khas yang berbeda dengan etika dan moral, karakteristik tersebut antara lain :
1.     Satu-satunya sistim nilai yang memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi hanyalah akhlak, sebab sumber nilainya berasal dari al-Qur’an dan Hadits yang tidak punya kelemahan dan kesalahan.
2.     Nilai-nilai yang dikandung dalam akhlak sifatnya mutlak atau absolut, sekaligus teoritis dan praktis, sebab teori-teori yang tertera di dalam al-Qur’an bukan sekedar wacana, tetapi mutlak dipraktekkan oleh manusia dan berlaku secara universal dan eternal.
3.     Objek bahasannya sangat luas, sebab sasaran akhlak bukan hanya secara vertical pada Tuhan (Allah) tetapi juga secara horizontal yang mencakup bagaimana perlakuan kepada sesama manusia, kepada makhluk lain (flora fauna dan alam ini)
4.     Fungsi akhlak di samping untuk menentukan prilaku manusia yang baik atau buruk dengn tolak ukur al-Qur’an dan al-Hadits, tetapi lebih dari itu, akhlak mengarahkan manusia untuk memiliki sikap prilaku yang berkualitas. Fungsi akhlak bukan hanya untuk kebahagiaan individu (diri sendiri) tapi juga untuk masyarakat banyak.
“Tes Formatif”
1.     Tulis pengertian secara terminology dari etika dan moral.
2.     Uraikan perbedaan dan persamaan antara etika dan moral.
3.     Jelaskan dengan tuntas karakteristik akhlak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar