Laman

PENGENALAN AWAL FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Ruang Lingkup Filsafat Islam

                 Filsafat pendidikan Islam mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, karena di dalamnya penuh dengan segi-segi atau pihak-pihak yang terlibat langsung ataupun tidak langsung, di antara ruang
lingkup filsafat pendidikan islam adalah :

a.        Perbuatan mendidik itu sendiri yaitu seluruh kegiatan, tindakan atau perbuatan dan sikap yang dilakukan oleh pendidik sewaktu menghadapi/mengasuh anak didik, dalam perbutan mendidik ini sering disebut dengan istilah tahdzib atau ta’lim
b.    Anak didik yaitu pihak yang merupakan obyek terpenting dalam pendidikan. Hal ini disebabkan perbuatan atau tindakan mendidik itu diadakan atau dilakukan hanyalah untuk membawa anak didik kea rah tujuan pendidikan Islam yang kita cita-citakan.
c.        Dasar dan tujuan pendidikan Islam yaitu landasan yang menjadi fondamen serta sumber dari segala kegiatan pendidikan Islam itu dilakukan. Maksudnya, pelaksanaan pendidikan Islam harus berlandaskan atau bersumber dari dasar tersebut.
d.       Pendidik yaitu subyek yang melaksanakan pendidikan islam, dan pendidik ini mempunyai peranan penting terhadap berlangsungnya pendidikan.
e.         Materi pendidikan Islam yaitu bahan-bahan atau pengalaman-pengalaman belajar ilmu agama Islam yang disusun sedemikian rupa (dengan susunan yang lazim tetapi logis untuk disajikan kepada anak didik.
f.        Metode pendidikan Islam yaitu  paling tepat dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan bahan atau materi pendidikan Islam kepada anak didik.
g.       Evalauasi pendidikan yaitu memuat cara-cara bagaimana mengadakan evaluasi/ penelitian terhadap hasil belajar anak didik, karena untuk mengetahui berhasil dan tidaknya tujuan pendidikan langsung dari hasil evaluasi.
h.       Alat-alat pendidikan yaitun alat-alat yang digunakan selama melaksanakan pendidikan islam, agar tujuan pendidikan Islam tersebut lebih berhasil.
i.         Lingkungan sekitar yaitu keadaan-keadaan yang ikut berpengaruh dalam pelaksanaan setra hasil pendidikan Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar