Laman

PENGENALAN AWAL FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

  Pengertian Filsafat pendidikan Islam

                 Konotasi orang bila mendengar kata filsafat, maka segera akan menunjuk sesuatu yang bersifat prinsip atau dasar. Bahkan selain itu banyak dikaitkan dengan suatu pandangan hidup yang mengandung nilai-nilai dasar tertentu, seperti filsafat pancasila dan filsafat Islam.


                 Filsafat adalah Ilmu pengetahuan yang mempersoalkan hakekat dari segala yang ada. Kata Filsafat atau falsafat dalam bahasa Arab berasal dari bahasa Yunani Philosophia yang secara harfiah berarti cinta kepada pengetahuan atau ciinta kepada kebijaksanaan. Orang yang cinta kepada pengetahuan atau kebijaksanaan disebut philosophos atau dalam bahas Arab disebut failosuf
                 Kata pendidikan yang dalam bahasa Arabnya ialah “Tarbiyah” dengan kata kerja “rabba” sedang kata “Pengajaran” dalam bahasa Arabnya ialah “Ta’lim” dengan kata kerjanya “allama” Pendidikan dan pengejaran dalam bahasa arabnya “Tarbiyah Islamiyah” sedangkan pendidikan Islam dalam bahasa Arabnya “ Tarbiyah wa ta’lim” Sedangkan pendidikan islam dalam bahasa Arabnya “ Tarbiyah Islamiyah” . Yang secara umum dapat kita katakana bahwa pendidikan islam ialah pembentukan kepribadian muslim.
                 Dari uraian pengertian di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa Filsafat pendidikan Islam adalah “Ilmu pengetahuan yang membehas tentang hakekat pembentukan kepribadian muslim”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar