Laman

TAQI MISBAH YAZDI

Muhammad Taqi Misbah Yazdi, disamping aktif dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, pendidikan dan sosial, ia tidak lupa menyisihkan waktunya untuk meulis terkait dengan tema Filsafat Islam, Pendangan Dunia Islam, Irfan, Etika, Fiqih Siyasah,
Tatanegara dan adiministrasi Islam, sehingga melahirkan karya-karya orisinil yang merupakan bukti kecakapan dan kehebatan intelektualnya. Berikut sebagian karya-karya yang sempat penulis tuliskan:
1.     Al-Manhaj al-Jadid fi Ta’lim al-Falsafah (Metode Baru Pengajaran Filsafat).
2.     Ta’liqah ala Hihayah al-Hikmah (berisikan komentar dan kritik atas Nihayah al-Hikmah karya M.H. Thabathaba’i selaku gurunya).
3.     Syarh Nihayah al-Hikmah (berisikan penjelasan terperinci atas Nihayah al-Hikmah)
4.     Ma’riful Qur’an (tafsir tematis filosofis atas ayat-ayat Alquran yang berkaitan dengan Tuhan, terdiri dari 9 jilid).
5.     Durus fi al-Aqidah al-Islamiyah (mendeskripsikan prinsip-prinsip rasional agama untuk pelajar pemula dengan pendekatan komprehensif, rasional dan tekstual).
6.     Porsesh va Pasukh-ha (berisikan Tanya jawab seputar wilayatul fakih).
Melihat karya-karya yang dihasilkan oleh Taqi Misbah Yazdi, maka tidak berlebihan jika kemudian diasumsikan sebagai pemikir mutakhir gemilang yang berdedikasi tinggi terhadap pengembangan keilmuan umat manusia secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar