Sejarah singkat Lahirnya Lawrence Kholberg
Dimana dimasa kanak-kanaknya hingga proses pendidikannya sangat dinikmati secara istimewa. Tetapi karakter khas Kohlberg yang cenderung keras dan berprinsip untuk lebih memilih kehidupannya secara mandiri. Hingga dia pun dengan sadar mengikuti pelayaran sekelompok Zionist (Haganah) yang menyelundupkan kaum Yahudi atas pelariannya dari Eropa ke Israel. Kemudian kapal tersebut tertawan oleh tentara Inggris yang kemudian para awak hingga penumpangnya terpaksa untuk ditahan, tak terkecuali Kohlberg sendiri. Namun disuatu kondisi, dia dapat melarikan diri dari kamp tahanan itu, dengan bantuan kapal Amerika untuk kembali kesana. Setelah sampai disana, Kohlberg mencoba melamar di Universitas Chicago, dan akhirnya diterima hingga gelar Doctoralnya berhasil diraih pada 1958. Kohlberg diangkat menjadi Guru Besar di Universitas Yale, dan mengajar disana hingga 1961. Pada tahun 1963, ia kembali ke almamaternya yang kemudian membentuk “Child Psychology Training Program”. Dalam pengalamannya menjadi pengajar, Kohlberg lebih banyak menuntut kepada mahasiswanya untuk membaca pelbagai karya klasik para filsuf, seperti; Republik dari Plato, Moral Education karya Emile Durkheim, Moral Judgement of the Child, dan Democracy and Education dari John Dewey. Tahun 1967, Kohlberg diangkat menjadi professor di Universitas Harvard, Cambrige, USA. Disana dia membentuk “Centre for Moral Development and Education”. Sejak tahun 1971, Kohlberg secara praktis terlibat langsung dan intensif dalam proses penelitian bersama rekan-rekannya. Sehingga ia mampu menelurkan sebuah konsep “pendidikan tersamar”, dimana konsep pendidikan moral secara tidak langsung yang ditanamkan oleh para guru dan pendidik atas tingkah laku mereka terhadap anak didik. Internalisasi nilai secara tersembunyi dalam setiap tindakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar